Home        Berita        Seputar Ogan Ilir

Bupati Sampaikan Nota Pengantar Raperda LPJ APBD 2021

http://suluhperjuangan.or.id 28 June 2022 @12:51
Bupati Sampaikan Nota Pengantar Raperda LPJ APBD 2021

INDRALAYA - Bupati Ogan Ilir (OI) Panca Wijya Akbar melalui Wakil Bupati Ardani menyampaikan Pidato Nota Pengantar Penyampaian Rancangn Peraturan Daerah (Raperda)  tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun anggaran 201.

Dikatakan Ardani,  Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OI dapat menyelesaikan proses penyusunan laporan keuangan tahun anggaran 2021 dengan baik dan kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam bidang pengelolaan keuangan daerah. 

"Alhamdulilah penghargaan opini  WTP ini kita dapatkan selama enam bulan berturut-turut,  semoga dapat kiya pertahankan, " Ujar Ardani dalam Rapat Paripurna IX pembicaraan tingkat kesatu DPRD kabupaten OI. 

Pemberian opini ini,  lanjut Ardani,  didasarkan pada pemeriksaan laporan keuangan yang telah memenuhi standar Akutansi pemerintah dalam proses penyajiannya. 

"Sehingga diharapkan laporan keuangan tersebut terbebas dari kemungkinan salah saji,  bersifat material, yang dapat mempengaruhi proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pihak intern dan ektern, " Tandasnya. 

Diraihnya opini WTP ini,  Sambung Ardani,  membuka kesempatan Kabupaten OI untuk memperoleh dana insentif Daerah oleh Pemerintah Pusat sebagai penghargaan atas perbaikan dan pencapaian kinerja dibidang tata kelola keuangan daerah,  pelayanan publik,  maupun Administrasi pemerintahan. 

"Raperda ini akan kita bahas bersama untuk menghasilkan persetujuan bersama yang selanjutnya akan di evaluasi oleh penerintah Provinsi dan kemudian dapat ditetapkan menjadi peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2021," Papar ardani. 

Masih kata Ardani,  Raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2021 merupakan upaya Pemerintah Daerah yang disingkronkan dalam bentuk kegiatan-kegiatan pada seluruh SKPD yang ada di Kabupaten OI untuk mencapai Visi Kabupaten OI tahun 2021-2026 yaitu,  Ogan Ilir Bangkit menuju masyarakat lebih sejahtera dan berkualitas berlandaskan Iman,  Taqwa, Moral dan Etika. 

"Demikianlah gambaran secara garis besar kondisi pengelolaan keuangan pemerintah Kabupaten OI tahun anggaran 2021, untuk penjelasan secara utuh dan terinci tertuang  dalam dokumen Raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun anggaran 2021," Tandasnya. 

Selain itu juga,  lanjut ardani,   kami menyadari bahwa masih terdapat banyak kekurangan dalam upaya mewujudkan sistem pengelolaan keuangan yang valid,  Akuntabel dan transparan, seperti yang kita harapkan bersama. 

"untuk itu pandangan serta evaluasi dari pimpinan dan anggota Dewan yang terhormat akan kami jadikan sebagai masukan dan bahan kajian guna penyempurnaan pada masa-masa mendatang," Tutup Ardani.(Ru)

Komentar Anda

Jasa Web palembang
Top