Home        Berita        Seputar Ogan Ilir

Forum Konsultasi Publik, Tahapan Penting Penyusunan RKPD

http://suluhperjuangan.or.id 28 June 2022 @12:45
Forum Konsultasi Publik, Tahapan Penting Penyusunan RKPD

INDRALAYA - Dewan nilai Forum Konsultasi Publik merupakan hal yang sangat penting dalam tahapan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) ubtuk satu tahun kedepan atau Tahun 2023 mendatang. 

Hal tersebut disampaikan Ahmad Syafei S. Sos, selaku Wakil Ketua II DPRD ogan Ilir (OI) disela-sela kegiatan Forum konsultasi yang Bertempat di ruang rapat bupati, Tanjung Senai, baru-baru ini.

Dijelaskan Ahmad,  Rencana Kerja Pemerintah Daerah atau yang disebut RKPD adalah merupakan dokumen perencanaan Daerah untuk periode 1 (satu) tahun. 

"Hal tersebut sudah diatur oleh Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional dan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah mewajibkan pemerintahan daerah menyusun RKPD, " ujar Ahmad. 

Penyelenggaraan Forum Konsultasi Publik ini, Lanjut Ahmad,   merupakan salah satu tahapan penting dalam proses penyusunan RKPD Kabupaten OI tahun 2023, yang dilaksanakan secara bersama-sama antara seluruh Perangkat Daerah dan pemangku kepentingan sehingga dapat tercipta sinkronisasi antara dokumen rancangan awal RKPD dengan rancangan awal rencana kerja perangkat daerah.

Sementara, Bupati OI,  Panca Wijaya Akbar,  dalam kegiatan tersebut memberikan arahan,   agar semua berjalan dengan apa yang diharapkan setiap Masing-masing pemangku kepentingan yang ada di Kabupaten OI untuk bersinergi dalam memberikan validasi data serta kemudahan dalam memprosesnya.

"Sehingga akan  memudahkan Pemerintah Daerah (Pemda)) dalam melaksanakan penyusunan RKPD yang berfungsi sebagai landasan yuridis dan operasional dalam penyelenggaraan tugas umum pemerintahan dan tugas-tugas pembangunan yang berkelanjutan," Umar Panca. 

Karena Pemerintah, sambung Panca,  Dalam melaksanakan kegiatan dan mengambil kebijakan harus berpatokan kepada peraturan yang ada dan terus berkordinasi dengan OPD lain.

"Semua kegiatan terutama dalam hal pengambilan kebijakan, pemerintah Daerah harus berada dalam koridor aturan yang ada dan yang tidak kalah penting juga harus terus berkoordinasi dengan OPD sehingga singkronisasi, " Ujarnya. 

Hadir dalam acara Forum Konsultasi Publik tersebut diantaranya,  Wakil Bupati OI Bapak Ardani, Forkopimda Ogan Ilir, Wakil Ketua II DPRD Ogan Ilir Bapak Ahmad Syafei, Sekda Ogan Ilir, dan seluruh jajaran lingkup pemerintah Kabupaten Ogan ilir.

Komentar Anda

Jasa Web palembang
Top