Home        Berita        Seputar Ogan Ilir

Dewan Nilai Klaim Warga Atas Dampak Lingkungan Tol Indraprabu Masih Aman

http://suluhperjuangan.or.id 28 June 2022 @12:42
Dewan Nilai Klaim Warga Atas Dampak Lingkungan Tol Indraprabu Masih Aman

INDRALAYA - Beberapa waktu lalu puluhan warga Desa Tebedak Kecamatan Payaraman Kabupaten Ogan Ilir (OI)  yang mengaku memiliki lahan kebun yang tergenang oleh air mendatangi area lokasi Tol STA 40, mereka menuntut pihak PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI)  untuk mempertanggungjawabkan dampak banjir lokal di area kebun mereka. 

Menyikapi kejadian tersebut, anggota DPRD Kabupaten Ogan Ilir, Rahmadi Djakfar menilai, tingkat kekhawatiran warga terhadap dugaan dampak lingkungan proyek tol di STA 40 Desa Tebedak tersebut masih belum mengkhawatirkan dan belum berbahaya, berdasarkan laporan dan informasi yang dia terima dari instansi terkait bahwa kondisi di lapangan sejauh ini masih aman terkendali dan masih dalam keadaan belum berbahaya.

“Dilihat dilapangan,  Sepertinya masih aman dan terkendali, apa yang menjadi kekhawatiran warga berupa jenis genangan air atau pun lumpur dari imbas proses pekerjaan jalan Tol Indralaya-Prabumulih (Indraprabu), akan tetapi apa yang menjadi rasa kekhawatiran warga atau pemilik kebun ya wajar wajar saja, ” kata Rahmadi.

Jauh jauh hari sebelum pekerjaan Tol Indraprabu tersebut, Pihak HKI sudah berulang ulang kali melakukan sosialisasi di banyak tempat termasuk diwilayah yang dimaksud.

“Sepengatahuan saya Pihak HKI telah berulang ulang mensosialisasikan dengan warga, terutama terkait dampak dari proses pekerjaan, Pihak HKI sudah sangat memahami akan dampak dari setiap pekerjaan yang dilakukannya,” Sambung Rahmadi yang juga Ketua DPC PBB Ogan Ilir ini.

Sementara, anggota komisi II, Arham Fadoli berpendapat, dugaan dampak lingkungan di STA 40 Desa tebedak tersebut belum terjadi.

“Saya ulangi sekali lagi, peristiwa Dugaan dampak lingkungan tersebut belum terjadi bukan sudah terjadi,” katanya.

Menurut Politisi dari Partai Berkarya Ini, sejauh ini Pihak HKI Cukup responsif dalam hal menanggapi keluhan warga. Pihak HKI juga telah melakukan sosialisasi jauh sebelum pekerjaan dimulai.

“Saya rasa hal tersebut cuma kekhawatiran warga sebelum terjadi. Saya berkeyakinan tidak ada Dampak lingkungan dari proses Tol Desa tersebut, Saya berasal dari daerah pemilihan kecamatan Tanjung Batu dan Kecamatan Payaraman termasuk Desa Tebedak, saya tahu persis bagaimana kondisi di lapangan, jelas Arham Fadoli. (Ru)

Komentar Anda

Jasa Web palembang
Top